Kamis, 19 September 2013 - 12:57:06 WIB
Bupati Senang, GERDEMA mulai terlihat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Malinau - Dibaca: 13611 kali

Radar Tarakan - Bupati Dr Yansen TP MSi merasa salut dengan pencapaian yang ditunjukkan desa dalam menjalankan program pemerintah Kabupaten Malinau yang dikenal dengan Gerakan Desa Membangun (Gerdema).

Bupati tidak menampik, masih ada beberapa desa yang belum maksimal dalam penerapannya. Namun, secara keseluruhan, bupati menilai, program Gerdema sudah mulai terlihat nyata di sebagian besar desa-desa di Malinau.

Untuk mengetahui sukses atau tidaknya pencapaian Gerdema, bupati mengungkapkan, ada 13 indikator yang harus dipenuhi desa. Di antaranya demokrasi, efisiensi, keterbukaan, swadaya, partisipasi dan kepemimpinan. Beberapa indikator itu, dinilai bupati, sudah tampak di desa-desa.

Misalnya saja untuk indikator demokrasi, sebagian besar desa-desa di Malinau mampu menjalankan sistem pemerintahan desa yang baik, dengan menggerakkan semua elemen di dalamnya, baik aparat desa, Badan Pemberdayaan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Desa (LPM) maupun PKK desa.

“Yang paling mendasar, bagaimana pemerintah desanya beraktivitas, itu kuncinya. Kalau itu sudah berjalan pemerintahannya, perangkat desa, BPD, LPM, berarti indikator yang disebutkan itu jalan. Kalau itu tumbuh berkembang baik di desa berarti Gerdema-nya berhasil,” ujar bupati

“Kalau saya lihat sudah mulai, sudah ada beberapa prestasi yang baik. Misalnya dari sisi pemerintahan, ada tiga hal yang kita mau lihat, manajemen pemerintahan, manajemen pembangunan manajemen pelayanan publiknya. Ketiga hal ini sudah mulai kelihatan, pemerintahannya sudah jalan, beberapa keputusan desa sudah dibuat, APBDes sudah dibuat, berarti kan mulai hidup,” lanjut bupati.

Bupati merasa optimis, apa yang sudah tampak saat ini di desa-desa merupakan tanda-tanda yang baik untuk mewujudkan program Gerdema secara menyeluruh. Untuk itu, bupati menginginkan agar seluruh elemen desa dapat meningkatkan pemahaman, kemampuan, profesionalisme serta keterampilannya dalam mengelola desa.



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.