Selasa, 08 Oktober 2013 - 14:15:31 WIB
Terapkan Sapta Pesona Untuk Wisata yang Berdaya Saing
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pariwisata - Dibaca: 3243 kali

Setulang - Dalam kunjungan Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Padan Impung,S.Pd beserta staf Disbupar ke desa setulang dan Tana ‘Olen untuk persiapan peresmian Desa Wisata. Terapkan sapta pesona dilingkungan masing-masing untuk mewujudkan Kabupaten Malinau menjadi daerah pariwisata yang berdaya saing, seluruh elemen masyarakat harus berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan. Demikian dikatakan Padan Impung  saat berada di Desa Setulang, Jumat (05/10).

Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung kesuatu daerah atau wilayah di negara kita. Kita harus menciptakan suasana indah mempesona dimana saja dan kapan saja. Khususnya ditempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dan pada waktu melayani wisatawan. Dengan kondisi dan suasanan yang menarik dan nyaman, wisatawan akan betah tinggal lebih lama, merasa puas atas kunjungannya dan memberikan kenangan yang indah dalam hidupnya. Sapta Pesona terdiri dari tujuh unsur yaitu :

 Aman (Keamanan).

Tujuan: menciptakan lingkungan yang aman bagi wisatawan dan berlangsungnya kegiatan kepariwisataan, sehingga wisatawan tidak merasa cemas dan dapat menikmati kunjungannya.

 

 Tertib (Ketertiban)

Tujuan: Menciptakan lingkungan yang tertib bagi berlangsungnya kegiatan kepariwisataan yang mampu nenberikan layanan teratur dan efektif bagi wisatawan.

 

Sejuk (kesejukan)

Tujuan: menciptakan lingkungan yang nyaman bagi berlangsungnya kegiatan kepariwisataan yang mampu menawarkan suasana yang nyaman dan rasa ”betah” bagi wisatawan, sehingga mendorong lama tinggal dan kunjungan lebih panjang.

 

 

Indah (Keindahan)

Tujuan: Menciptakan Lingkungan yang indah bagi berlangsungnya kegiatan kepariwisataan yang mampu menawarkan suasana yang menarik dan menumbuhkan kesan yang mendalam bagi wisatawan, sehingga mendorong promosi ke kalangan/pasar yang lebih luas dan potensi kunjungan ulang.

 

Ramah (Keramah tamahan)

Tujuan: Menciptakan lingkungan yang ramah bagi berlangsungnya kegiatan kepariwisataan yang mampu menawarkan suasana yang akrab, bersahabat serta seperti di ”rumah sendiri” bagi wisatawan, sehingga mendorong minat kunjungan ulang dan promosi yang positif bagi prospek pasar yang lebih luas.

 

Kenangan.

Tujuan: menciptakan memori yang berkesan bagi wisatawan, sehingga pengalaman perjalanan/kunjungan wisata yang dilakukan dapat terus membekas dalam benak wisatawan, dan menumbuhkan motivasi untuk berkunjung ulang

 

Padan Impung menambahkan Kepariwisataan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang harus dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggung jawab dan tetap memberikan perlindungan terhadap nilai-nilai agama, budaya yang hidup serta kepentingan pembangunan. Kadis Pariwisata mengharapkan setiap pelajar harus mampu menjadi contoh dan panutan masyarakat dalam hal penerapan sapta pesona dilingkungan masing-masing. Dengan menerapkan sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan) dilingkungan masing-masing akan menarik minat wisatawan berkunjung ke Desa Setulang, wisatawan juga akan merasa betah.

Dengan demikian perekonomian masyarakat otomatis akan meningkat dan berkembang. ditambahnya, ikon daerah wisata baik berupa souvenir atau makanan khas yang dikemas rapi dan menarik akan menambah minat wisatawan berkunjung ke daerah tersebut. "Jadi pengunjung bukan hanya sekadar datang dan melihat-lihat objek wisata tetapi pulang membawa oleh-oleh yang menjadi ciri khas daerah yang didatangi sehingga menambah nilai lebih objek wisata," ucapnya.{HMS-08}



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.