Jumat, 01 November 2013 - 00:52:39 WIB
Kelola Hutan Secara Lestari
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Konservasi - Dibaca: 1316 kali

Kepala Adat Desa Setulang, Laing Ngau berjanji akan menjalankan amanat yang diembankan pemerintah melalui Kementerian Kehutanan RI untuk melakukan pengelolaan dan pengawasan hutan desa secara lestari.

“Kami senang dan bangga mendapat kepercayaan ini. Tentu kami akan menjaga kepercayaan ini dengan tanggung jawab. Kami sudah siap,” kata Laing Ngau, usai menerima SK Menhut terkait dengan perubahan status pada hutan seluas 4.013 hektare di kawasan Desa Setulang Kecamatan Malinau Selatan Hilir.

Menurut Laing Ngau, untuk pengelolaan kawasan hutan desa tersebut sudah dibentuk badan pengelola khusus yang melibatkan masyarakat. “Sebetulnya sudah lama badan itu dibentuk. Tapi untuk kepengurusan yang baru, September lalu baru dilantik,” kata Laing Ngau.

Dia menjelaskan, badan ini punya peran untuk melakukan pengelolaan dan pengawasan terhadap hutan tersebut. Pengelolaan dalam kaitannya dengan fungi hutan tersebut sebagai hutan wisata.
Laing Ngau memastikan bahwa hingga kini hutan tersebut masih lestari.

Kekayaannya, pohon-pohon raksasa dan tua serta aneka ragam hayati lainnya, termasuk fauna masih hidup lestari dihutan tersebut. “Di sana juga ada air panas alami yang berkhasiat bagi manusia,” imbuhnya kepada media ini.

Meski belum cukup banyak dikunjungi, Laing Ngau mengaku saat ini orang baik dari Malinau maupun luar yang datang untuk berwisata. Termasuk untuk kegiatan-kegiatan lainnya dalam ilmu pengetahuan seperti penelitian.

Ia berharap dengan dicanangkan Setulang sebagai desa wisata, jumlah pengunjung akan lebih banyak. Ke depan akses menuju ke sana terus ditingkatkan  dan fasilitas dilengkapi. “Saat ini di sana sudah ada dibangun pemerintah pondok untuk orang menginap,” pungkasnya. (ida/ipk - Radar Tarakan)



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.