Senin, 18 November 2013 - 14:43:14 WIB
RSUD Sebagai Rujukan Harus Diwujudkan
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Fasilitas Umum - Dibaca: 1641 kali

Bupati Dr Yansen TP MSi menilai dari apa yang dirasakan masih ada satu komitmen yang belum berjalan dengan baik, yaitu senyumnya yang masih kurang. Karena sebagai pelayanan, harus senyum dan ramah.

Artinya, semua harus punya semangat yang tinggi untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Rumah sakit ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan oleh pemerintah daerah, itu salah satu semangat dan komitmen untuk mencapai yang lebih ke depan.

“Kalau mau maju, pikiran dan hati kita itu yang menjadi cermin untuk melakukan perubahan atau tidak,” ucap Yansen TP dalam arahannya saat membuka acara penilaian kinerja pelayanan medik RSUD Kabupaten Malinau, kemarin (14/11).

Bupati mengatakan, dengan kekurangan dan kelemahan yang ada di internal manajemen rumah sakit Malinau sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk diperbaiki ke depannya. Guna meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Karena, bupati tidak memandang remeh atas kinerja para tenaga kesehatan yang ada di rumah sakit atau di tempat unit kerja lainnya.

Terlebih, komitmen pemerintah Malinau untuk mewujudkan RSUD sebagai rumah sakit rujukan di wilayah perbatasan ini. “Orang bisa datang ke Malinau berobat sambil berwisata,” ungkapnya. Bupati berharap, di tahun kedua penilaian kinerja rumah sakit ini akan menjadi cambuk seluruh tenaga kesehatan untuk bekerja lebih baik.

Terutama dari segi perbaikan yang menjadi kekurangan, atas hasil penilaian tim dari Unhas, Makassar ini. Bupati mengungkapkan, bahwa puskesmas itu harus benar-benar difungsikan sebagai pusat layanan kesehatan dasar masyarakat.

Dinkes pun diminta untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, di semua puskesmas dan puskesmas pembantu. Jika tidak mampu, baru dilayani rujukan ke rumah sakit.

“Karena itu, koordinasi dan komunikasi itu sangat penting dengan institusi terkait baik sesama dokter, rumah sakit dengan Dinkes dan lainnya, agar semua dapat tertangani dengan baik,” ungkapnya. (ida/ipk - Radar Tarakan)

Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.