Kamis, 28 November 2013 - 14:46:04 WIB
Panggar dan Banggar Telah Bekerja Maksimal
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Malinau - Dibaca: 3315 kali

SEMENTARA itu, Bupati Dr Yansen TP MSi memberi apresiasi terhadap panitia anggaran (panggar) eksekutif dan badan anggaran (banggar) legislatif. Karena telah bekerja maksimal dalam melakukan pembahasan RAPBD 2014, hingga ditetapkan menjadi APBD 2014.

Berkat kesungguhan dan kerja keras Panggar Eksekutif dan Banggar Legislatif, APBD 2014 dapat ditetapkan lebih cepat, 20 hari lebih cepat dibandingkan penetapan APBD tahun 2013. “Saya bangga dan memberi apresiasi penuh pada panggar dan banggar yang telah bekerja sungguh-sungguh. Sehingga dapat menyelesaikan tugasnya dengan cepat,” kata Yansen TP saat memberi sambutan dalam paripurna penetapan APBD 2014, Rabu (27/11).

Cepatnya penetapan APBD 2014 diyakini Yansen TP akan berdampak baik pada penyelenggaraan pembangunan. “Ini sangat baik sebab dapat mempercepat desa, dalam merealisasikan kegiatan pembangunan,” ungkap Yansen TP.

Diakui Yansen TP, penetapan APBD yang lebih cepat ini merupakan prestasi tersendiri. Dengan meningkatkan kinerja pada tahun mendatang sehingga realisasi kegiatan lebih cepat. Tidak sekadar cepat, tapi juga tepat, berkualitas, memberi dampak dan manfaat yang jelas bagi masyarakat.

Untuk mendorong terciptanya prestasi yang diharapkan, pemerintah daerah telah membentuk tim evaluasi. Melibatkan sejumlah instansi, dengan berkerja jemput bola untuk mendorong peningkatan kinerja pemerintah di tingkat daerah hingga desa. Yansen TP merasa optimis terhadap Gerdema 2014, akan berjalan lebih baik sebagai tahun pemantapan.

“Pada APBD 2014 kita tetap memberi porsi besar terhadap sektor pertanian, perkebunan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan sektor prioritas lainnya. Sebagai konsistensi atas Gerdema yang strategis bagi masyarakat,” jelas Yansen TP.

Untuk mendukung peningkatan kegiatan di sektor-sektor strategis tersebut, pemerintah akan melakukan pembinaan pada para petani. Dengan mendatangkan tenaga PPL andal dari Pulau Jawa. Tahun depan merupakan tahun yang cerah, namun penuh tantangan.

“Cerah karena perekonomian tumbuh 6 persen. Tantangannya inflasi tinggi, ancaman inflasi, dan kondisi politik menjelang pemilihan anggota legislatif dan presiden,” cetusnya. Pemerintah perlu bekerjasama dengan semua pihak.

Bupati menyadari belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sepenuhnya. Namun, bupati berjanji akan berusaha terus memenuhi kebutuhan pembangunan masyarakat. (ida/ipk - Radar Tarakan)



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.