Senin, 09 Desember 2013 - 15:15:08 WIB
Hanya Perpanjang Guru Kontrak
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 3493 kali

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Malinau, Esly Parir memastikan, pihaknya tidak memrogramkan perekrutan guru kontrak pada tahun depan. Meski diakui Esly Parir, kebutuhan akan tenaga guru di Malinau masih sangat besar. Sebagai solusinya, Disdikpora akan memperpanjang 100-an lebih guru kontrak yang ada saat ini.

Namun, bukan tanpa syarat. Esly Parir mengungkapkan bahwa guru yang akan diperpanjang kontraknya hanyalah guru yang dinilai aktif dalam menjalankan tugasnya selama ini. Sebab masih menemukan laporan banyaknya guru kontrak yang tidak aktif dalam menjalankan tugasnya.

Untuk itu, Disdikpora akan mengevaluasi kinerja guru kontrak yang ada. Peran sekolah ikut menentukan dalam evaluasi guru kontrak ini. Karena yang mengetahui persis aktif atau tidaknya guru kontrak dalam menjalankan tugasnya, adalah pihak sekolah dimana mereka mengejar. Untuk itu, Disdikpora akan meminta rekomendasi dari setiap sekolah yang mempekerjakan guru kontrak.

“Nanti kita akan evaluasi kembali bagi guru-guru honor yang aktif. Tapi bagi yang non aktif barangkali tidak usah kita perpanjangkan,” ujar Esly Parir kepada Radar Tarakan, beberapa hari lalu.

Ditanya niat untuk menaikkan honor guru kontrak, Esly mengakui bahwa pihaknya belum memrogramkan hal itu di APBD-P 2014. Meski demikian, honor yang diterima guru kontrak sudah cukup besar. Karena selain menerima gaji pokok, juga ada tunjangan yang diterima disesuaikan dengan wilayahnya. Hanya, Esly Parir kurang tahu persis nominalnya. (rjb/ipk - Radar Tarakan)



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.