Senin, 06 Januari 2014 - 07:54:07 WIB
Perkebunan Sawit yang Telah Dipanen Capai 38 Ha
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Perkebunan - Dibaca: 1527 kali

MALINAU - Kepala Desa (Kades) Seruyung, Kecamatan Malinau Utara, Natanel A menjelaskan program Gerdema tahun 2013 sudah selesai semua dengan capaian 100 persen. Karena di tahun 2013 programnya lebih mengarah kepada fisik untuk bidang infrastruktur dan perawatan untuk ekonomi kerakyatan. Khususnya perkebunan sawit dan karet, melalui program perawatan dan pemeliharaannya.

Kades menyebutkan, untuk saat ini yang sudah panen perkebunan kelapa sawit mencapai 38 hektare. Semua itu merupakan program perkebunan yang ditanam oleh masyarakat sejak tahun 2009 silam. “Sedangkan untuk perkebunan karet di tahun 2013 itu program hanya berupa bantuan obat racun rumput. Setiap hektarenya mendapat 10 liter racun, sedikitnya ada 70 kepala keluarga (KK) di Desa Seruyung yang menanam karet,” sebutnya.

Menurut Natanel, setiap kepala keluarga ada menanam tanaman karet dengan luasan antara satu hingga tiga hektare. Secara umum, semua bibit karet sudah tertanam oleh masyarakat. Sedangkan Pemerintah Desa hanya memberikan bantuan racun rumput per hektare 10 liter kepada 2 kelompok tani, yaitu petani sawit yang saat ini dalam tahap perawatan pengembangan untuk ekonomi masyarakat.

Sementara itu, untuk kelompok tani kebun karet. Tidak ada kendala, semua bisa dikerjakan. “Saat ini belum kelihatan peningkatan secara ekonomi. Tapi 2 atau 3 tahun ke depan baru merasakan dampak positifnya, secara nyata dari perkerbunan karet dan sawit bagi masyarakat Seruyung. Karena sudah 2 tahun berturut panen perdana,” ujarnya.

Namun, ada satu kendala yang ada di wilayah Desa Seruyung. Terkait beberapa kebun sawit dan karet tetapi akses jalan masuk menuju lokasi kebun tersebut tidak ada. “Hamparannya sekitar 2 kilometer. Jalan tani sudah diusulkan tahun 2013, mudah-mudahan ditahun 2014 bisa terbuka jalan baru. Karena semuanya milik masyarakat di Desa Seruyung,” pungkasnya. (ida/ipk - Radar Tarakan)

Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.