Senin, 27 Januari 2014 - 13:20:50 WIB
Ajang Promosikan Potensi Daerah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pariwisata - Dibaca: 2914 kali

MALINAU - Bupati Dr Yansen Tipa Padan (TP) MSi mengungkapkan, acara pameran merupakan bagian peran dalam upaya membangun dan mempromosikan potensi daerah melalui gambar atau foto.  

Desa Setulang ini merupakan satu dari 3 desa wisata yang telah ditetapkan pemerintah daerah Kabupaten Malinau sebagai satu sasaran tujuan wisata.

Karena, dengan ditetapkannya 3 desa ini juga sebagai upaya mempertegas komitmen Kabupaten Malinau sebagai kabupaten konsevasi, dalam upaya menjaga dan mempertahankan alam.

Desa memiliki potensi yang luar biasa, baik dari alam, budaya dan mengangkat harkat dan martabatnya dengan keunikannya.  Namun ada desa yang tidak memiliki nilai-nilai untuk dijadikan sebagai tujuan wisata.

"Karena itu, hadirnya komunitas fotografer di Malinau dan menggelar acara pameran foto dan lomba fotografi saya merespons positif. Karena ini juga bagian partisipasi membangun daerah melalui promosi potensi budaya daerah khususnya di Setulang ini melalui karya foto," tegas Yansen TP saat membuka acara pameran foto dan lomba fotografi yang digelar oleh komunitas fotografi Kabupaten Malinau dengan menghadirkan fotografer kawakan dari Yogjakarta Kritupa Saragih, di Desa Setulang, Kecamatan Malinau Selata Hilir, Sabtu (25/1) akhir pekan.
Bupati juga menjelaskan, di Desa Setulang ini juga memiliki banyak budaya yang beragam dan memiliki komitmen yang luar biasa dalam menjaga hutan yaitu hutan adat seluas kurang lebih 4 ribu hektare.

Ini juga bagian dari upaya pelestarian alam dengan menjaga kawasan hutan yang sudah pernah mendapatkan Kalpataru dua kali dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk menjadi pusat paru-parunya dunia.

Karena paru-paru dunia ini ada di Kabupaten Malinau hamparan hutan yang cukup luas dan masih ‘virgin’ yang tetap terjaga keasliannya.

Namun sambung Bupati Yansen TP, tantangan utamanya ke depan yaitu dengan berkembangnya budaya luar dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga akan berdampak terhadap kearifan budaya lokal.

Karena itu, Desa Setulang ini akan terus dilengkapi fasilitas pendukungnya. Bupati menilai, apa yang dinilai komunitas fotografer Malinau merupakan langkah strategis untuk membantu pemerintah Kabupaten Malinau mempublikasikan melalui gambar atau berita dalam foto.  

Ini juga merupakan kreatifitas yang positif untuk membangun daerah. "Biarlah foto-foto yang berbicara," ujar Yansen TP.
Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Dandim Malinau Letkol Inf Agus Bhati dan komunitas fotografer dengan adanya kegiatan pameran foto dan lomba fotografi yang dipusatkan di Setulang sebagai objek kegiatannya.

Bupati juga berpesan kepada masyarakat dan aparat desa Setulang harus mewujudkan desanya sebagai desa yang aman, nyaman dan damai sebagai desa tujuan wisata.

Sehingga makin banyak pengunjung atau wisatawan yang datang ke Setulang. "Jangan nodai dan rusak budaya warisan leluhur nenek moyang terdahulu dan akhirnya merugikan desa, masyarakat dan dirinya sendiri," tegasnya.(ida/har Radar Tarakan)


Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.