Senin, 27 Januari 2014 - 13:30:43 WIB
Home Stay Masyarakat Belum Siap
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pariwisata - Dibaca: 2930 kali

MALINAU - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malinau Padan Impung mengungkapkan, agenda ini adalah hal yang baru. Terutama kegiatan yang dipusatkan di Desa Setulang.

Hal ini merupakan upaya untuk memperkenalkan dan mempromosikan desa wisata ini dalam bentuk dokumentasi.  Sekaligus untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dan pembangunan yang berjalan.  

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwiata dan Kebudayaan dalam pembukaan acara pameran dan lomba foto yang digelar di Desa Setulang, Kecamatan Malinau Selatan Hilir Sabtu (25/1).

Disebutkan Padan Impung, ada tiga desa yang sudah diresmikan Bupati Dr Yansen Tipa Padan MSi sebagai desa wisata di Kabupaten Malinau. Yaitu Setulang, Long Alango dan Apau Ping. Namun yang menjadi kendala utama adalah fasilitas pendukung, seperti tempat tinggal wisatawan dan kelengkapannya serta sarana lainnya.

Namun sudah adat balai panjang ada rumah kerajinan yang masih dalam proses dilengkapi di Setulang.  “Belum adanya rumah inap atau home stay milik masyarakat yang siap sebagai tempat tinggal pengunjung,” jelas mantan Camat Malinau Barat ini.

Tetapi untuk daya tarik wisatawan itu antara lain  ada juga rumah kecil-kecil yang berdiri di sebuah lahan dan berdiri secara berkelompok itu yang sering disebut masyarakat lokal sebagai lumbung padi.

Bangunan ini bisa dipindahkan kemana saja karena tidak dibuat secara permanen. Ada juga potensi wisata alam di Setulang ini yaitu hutan tane ulen dengan luasan sekitar 4 ribu hektare, jika ingin sampai ke sana harus menyusuri sungai dengan menggunakan perahu kecil. “Hutan tane ulen ini juga akan ditata dengan memberikan nama-nama kayu dan semua jenis yang tumbuh dengan harapan sebagai pusat pengenalan kekayaan alam yang terkandung didalamnya sebagai pusat ilmu pengetahuan masyarakat,” ungkapnya.

Untuk sektor budaya, sambung Padan Impung, masyarakat Desa Detulang yang mempersiapkannya terutama tarian dan kesenian budaya lokal.  Oleh karena itu, terkait dengan kegiatan lomba dan pameran fotografi ini, Disbudpar mengharapkan bisa dijadikan sebagai ajang promosi potensi wisata dan tujuan wisata baik lokal maupun secara nasional dan bahkan sampai ke tingkat internasional.(ida/Radar Tarakan)


Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.