Selasa, 04 Maret 2014 - 07:04:01 WIB
Disbun Beri Penyuluhan Penggunaan Pupuk
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Perkebunan - Dibaca: 2324 kali

MALINAU - Selain kegiatan fisik, pembangunan perkebunan, pengadaan bibit perkebunan dan sejenisnya kegiatan lain yang sudah dan akan digarap Dinas Perkebunan di sisa akhir tahun ini ialah penyuluhan perkebunan.

Antara lain, sebut Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Lawing  Liban SSos MSi adalah penyuluhan penggunaan pupuk terhadap para petani anggota kelompok tani di sejumlah desa di Kecamatan Malinau Utara, Malinau Kota dan Malinau Barat.

“Ini (penyuluhan) dilakukan karena masih ada petani yang tahu manfaat pupuk tapi belum tahu betul cara penggunaannya.  Terutama jenis yang tepat dan takaran yang pas untuk digunakan,” jelas Lawing Liban.

Hal yang sama, sambungnya lagi, juga pada penggunaan obat-obatan. “Tak sedikit juga mereka yang belum mengetahui betul cara penggunaannya. Makanya tahun ini kita berikan penyuluhan-penyuluhan itu,” kata Lawing Liban.

Menurut Lawing Liban, pembinaan terhadap para petani menjadi salah satu kunci keberhasilan pengembangan perkebunan di wilayah kabupaten Malinau ini.

Bagi Disbun sendiri, pembinaan tersebut menjadi pekerjaan rumah panjang mengingat sektor perkebunan telah menjadi sektor yang dikembangkan oleh masyarakat banyak. “Mayoritas masyarakat kita banyak memiliki kebun,” imbuhnya.(RDR-TRKN)



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.