Rabu, 12 Agustus 2015 - 19:15:28 WIB
Ny. Hj INA RATNAWATI KUNJUNGI DESA WISATA DAN PEMBUATAN BATIK DESA SETULANG DAN DESA PULAU SAPI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Malinau - Dibaca: 1648 kali

Malinau- di hari yang ke - 2 Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Utara Ny. Hj Ina Ratnawati Triyono mengunjungi pusat-pusat kerajinan tangan daerah Desa Wisata Setulang diantaranya pusat  Keseniannya dan anyaman, Rabu 12/08. Ina Ratnawati Triyono  mengaku baru mengetahui ternyata di Desa wisata Setulang ini memiliki produk kerajinan dan kesenian yang sangat unik dan ia pun memborong berbagai produk untuk dipelajari.

 

"desa wisata setulang mempunyai potensi yang unik. namun ternyata hari ini saya melihat Desa Wisata Setulang  punya produk kerjainan tangan yang dibuat oleh ibu-ibu di desa serta tidak kalah nenek asli Setulang juga semangat dalam menganyam yang sangat halus dan bagus," ujar Hj Ina Ratnawati Triyono di lokasi Balai adat desa Wisata Setulang yang bernamakan Lamin Adat Adjang Lidem.

 

Dalam kunjungannya, Hj Ina Ratnawati Triyono ini didampingi  pengurus Dekranasda provinsi Kalimantan Utara lainnya, diantaranya Hj Sri Senanti Badrun, Ny. Ping Yansen. Sementara itu, sebagai tuan rumah hadir pengurus ketua Harian Dekranasda diantaranya H. Maksun, SE, M.AP  yang juga menjabat Kepala Dinas Perindagkop.

 

Hj Ina Ratnawati Triyono kemudian mengatakan, hasil kunjungannya di pusat kerajinan dan kesenian tersebut menjadi sarana pembelajaran bagi Dekranas Daerah Kalimantan Utara Ini adalah lesson learning bagi kita, sebuah pembelajaran  untuk dibawa pulang ," katanya.

 

Di pusat kerajinan itu, Ina Ratnawati Triyono terlihat memilah-milah dan memborong aneka produk. Rajutan khas Malinau ini memiliki keunggulan rapi dan kuat dan telah menyebar ke berbagai belahan dunia melalui oleh-oleh yang dibawa tamu asing .

 

"Dekranasda Kabupaten Malinau mempunyai produk unggulan yang kita lihat terus dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya yang berdampak pada output peningkatan perekonomian masyarakat," kata Ina Ratnawati Triyono

 

 

Rombongan kemudian melanjutkan kunjungan Batik Bua Beludu ciri khas Kecamatan mentarang desa Pulau Sapi mengatakan yang berkembang di masyarakat perlu dikawal. "Mudah-mudahan berendurance panjang, jangan layu sebelum berkembang, fenomena gerakan ekonomi kerakyatan ini perlu dikembangkan. kata Ina Ratnawati Triyono

 

 

Di sana Ina Ratnawati Triyono melihat langsung pembuatan kain batik Bua Beludu  khas Desa Pulau Sapi dan ikut mencoba mempraktekkannya. Ina Ratnawati berdialog dengan para penenun Batik di galeri sekaligus workshop milik ibu betty. {HMS-08}



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.