Selasa, 27 Oktober 2015 - 11:27:24 WIB
Tiga Faktor Pendukung Jadi Desa Wisata
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Malinau - Dibaca: 1032 kali

MALINAU-Desa Pulau Sapi, Kecamatan Mentarang akan akan di jadikan sebagai Desa  Wisata yang secara resmi diterapkan pada upacara peringatan hari Sumpah Pemuda , 28 Oktober mendatang.

Juga bertepatan dengan HUT ke-16 Kabupaten Malinau. Sehimgga, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Padan Impung, dalam rapat pemantapan sudah melakukan rapat final yang dilakukan di Desa Pulau Sapi, kemarin (22/10).

Dikatakan Padan Impung, latar belakang dijadikan Desa Pulau Sapi ini sebagai desa wisata ada 3 hal utama.

Terutama masalah budaya yang terjadi dari berbagai sektor antara lain pengrajin anyaman, batik, souvenir hingga kuline. Kedua, karena memiliki sisi tata kelolah pemerintahan yang baik yang dibuktikan dengan keamanan, ketertiban, bersih, indah, sejuk, ramah dan menjadi kenangan setiap orang yang berkunjung.

Sedangkan hala yang ketiga, yaitu sebagai kegiatan Pusat Pertanian Rakyat Sejahtera (PPRS) yang didalamnya dikembangkan konsep argo wisata pertanian perkebunan. “Tiga factor inilah yang menjadi dasar sangat kuat, kami ingin jadikan Desa Pulau Sapi ini sebagai desa wisata,” beber mantan Camat Malinau Barat ini.

“Semua seksi sudah menyampaikan kesiapan-kesiapan terhadap rencana peresmian desa wisata itu dan setidaknya pada hari Minggu nanti sebelum acara puncak sudah terlihat seluruhnya . Terutama dalam dekorasi-dekorasi kegiatan,” imbuh Padan Impung kepada media ini saat dikonfirmasi media ini terkait dengan pelaksanaan rencana penetapan Desa Pulau Sapi jadi desa wisata yang keempat di Kabupaten Malinau, Sore kemarin. Oleh karena itu, Padan Impung mengaharapkan keterpaduan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berperan aktif sesuai bagian tugas pokok dan fungsinya dalam mendukung desa wisata ini. Seperti sektor pertanian dan perkebunan dikelola dan dilakukan pendampingan langsung dari Dinas Pertanian dan Dinas perkebunan, sektor UKM menjadi tanggung jawab dan binaan Disperingdakop dan UMKM, dan sektor-sektor lainnya yang berkembang dan berjalan di desa wisata ini. “Termasuk juga tugas bidang pemerintahan dalam upaya untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik,” ujarnya.(Rdr-Trk) 

Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.