Selasa, 23 Februari 2016 - 09:40:08 WIB
Jaringan Internet Labil, PDE Backup UNBK
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 853 kali

MALINAU- Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tiga sekolah mulai berbenah lantaran ditunjuk sebagai percontohan UNBK di Bumi Intimung-sebutan Malinau. Tiga sekolah yang sudah mulai bersiap yakni SMP Negeri 1 Malinau, SMA Negeri 1 Malinau dan SMK Negeri 2 Malinau. 
Keterbatasan jaringan internet menjadi momok yang dapat menghambat kelancaran pelaksanaan UNBK. Untuk itu, Bagian Pengelolaan Data Elektronik (PDE) Setkab terus membantu kelancaran pelaksanaan UNBK di tempat yang telah ditentukan guna mensiasati jaringan internet yang labil dan kerap gangguan.
Saat ditemui diruang kerjanya, Hedison, selaku Kasubag Elektronik dan Jaringan Komunikasi PDE menuturkan, pihaknya telah menganalisa permasalahan utama dalam pelaksanaan UNBK dan telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) untuk mengatasi kemungkinan yang dapat menghambat kelancaran UNBK. 
“Salah satu langkah yang kami lakukan adalah dengan melakukan pengunduhan data UNBK dari Kementerian Pendidikan Nasional di PDE. Karena jika hanya mengharapkan fasilitas yang disediakan oleh pihak swasta, pastinya waktu yang dibutuhkan cukup lama,” jelas Hedison. 
Meski pengunduhan data dilakukan di PDE, pelaksanaan UNBK tetap dapat dilaksanakan di masing-masing sekolah. Pasalnya, penggunaan kuota jaringan internet sangat dibutuhkan hanya pada ketika melakukan pengunduhan data. “Nanti setelah data di download, pelaksanaan UNBK dilakukan secara off-line. Jadi tinggal bagaimana kelancaran jaringan LAN (Local Area Network) yang sudah terinstalasi di masing-masing sekolah,” imbuhnya. 
Pihaknya siap membantu sekolah yang masih kesulitan dalam melakukan pemasangan instalasi jaringan LAN yang juga dapat mempengaruhi hasil UNBK. “Kalau untuk LAN, kita siap kerja sama jika IT dari pihak sekolah menemukan beberapa permasalahan dalam instalasinya, dan untuk server diharapkan ada cadangannya. Karena takutnya nanti ada trouble dari server, bisa segera diantisipasi,” ujarnya. (#jo116#)sumber korankaltara

Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.