Kamis, 24 Maret 2016 - 14:19:39 WIB
Desa Setulang Bisa Jadi Contoh
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pariwisata - Dibaca: 515 kali

Malinau - Program RT Bersih adalah salah satu dari tiga program unggulan daerah yang sedang disiapkan Pemkab Malinau, disamping beras daerah (rasda) dan wajib belajar 15 tahun. dari ketiganya, program RT Bersih (Rapi, Tertib, Bersih, Sehat dan Indah) adalah program yang menyasar dan melibatkan secara langsung seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Ditegaskan Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si, untuk berubah maju, tentu harus dimulai dari hal-hal kecil serta diupayakan dimulai dari perilaku diri sendiri. Karena, kesuksesan pembangunan juga sangat membutuhkan dukungan masyarakat. "Semua harus bertanggung jawab. Mari kita arahkan mainset kita ini bagaimana melihat Malinau itu secara total. Dengan begitu kita harapkan terjadi percepatan pembangunan," ujar Yansen TP saat berkesempatan memberi sosialisasi kepada warga Desa Malinau Kota.

Totalitas pembangunan dimaksudkan, agar RT Bersih tidak sekedar dimaknai dengan bersih lingkungan semata, tapi lebih luas maknanya yaitu bersih dari segala hal yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan.

"Untuk mewujudkan itu semua, maka ada hal yang lebih utama lagi yaitu jaga kualitas ibadah kita," pesannya.

Bupati menghimbau agar ketua RT tidak terlalu memaksakan masyarakatnya. Yang penting dan perlu digarisbawahi adalah menampakan pembangunan di tingkat RT.

Untuk itu Bupati Yansen menghimbau agar jangan lagi terlalu banyak program yang bersifat pengadaan. tapi lebih ditekan pada program pembangunan. "Bisa dicontoh Desa Setulang. Desa ini kalau  ada rumah masyarakat yang kurang layak, langsung dibelikan papan, lalu warga yang mengerjakan," kata bupati saat menyampaikan sekilas gambaran RT Bersih di kantor Desa Malinau Kota belum lama ini.

Diingatkan pula, menyambut pembangunan di Malinau ke depan harus dibarengi semangat dan tekad yang kuat untuk berubah.

Oleh: HMS04

Sumber data : Radar Tarakan (24/3/2016) (umy)



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.