Selasa, 10 Mei 2016 - 09:56:09 WIB
Malinau Miliki 32 TK dan 71 KB
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 994 kali

MALINAU – Sejumlah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Malinau sudah banyak yang menggunakan alat peraga edukatif (APE) sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Namun guru-guru PAUD tetap dihimbau untuk membuat alat peraga edukatif ciptaan sendiri. “Kami berharap guru-guru PAUD memiliki kreativitas untuk mengembangkan kreasi anak-anak usia dini,” ujar kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda dan Olah Raga (Kabid Disluspora) Anton Tahir.

Dengan inisiatif guru ini, sehingga anak-anak tidak hanya mengandalkan permainan yang sudah jadi. Sekedar informasi, di kabupaten Malinau memiliki 32 Taman kanak-kanak (TK), 2 diantaranya berstatus negeri. Sedangkan kelompok bermain  (KB) sebanyak 71 sekolah, baik yang dikelola oleh swasta, yayasan dan desa.

Bahkan, sejumlah kelompok bermain di Malinau ini ada juga yang dibangun sendiri oleh desa. Sebab, ada program dari pemerintah pusat, yaitu satu desa PAUD harus terbangun. Tujuannya untuk memfasilitasi anak-anak agar melakukan pembelajaran sejak usia dini.

Namun demikian, kata Anton Tahir, di Kabupaten Malinau masih ada sekitar 30 desa, terutama wilayah pedalaman dan perbatasan yang belum memiliki PAUD. Hal ini karena faktor persebaran penduduk. Sehingga jumlah anak-anak termasuk guru yang mengajar juga sangat sedikit. “Kalau desa-desayang ada di sekitar wilayah ibu kota sudah ada 3-5 PAUD dalam satu desa,” jelasnya.

(umy/Radar Tarakan/Sumber :humas.malinau.go.id)



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.