Selasa, 10 Mei 2016 - 10:19:41 WIB
99,7 Persen Siswa SMA Negeri 1 Lulus
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 1038 kali

Malinau – Tingkat kelulusan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Malinau mencapai 99,7 persen dari jumlah peserta yang mengikuti ujian nasional sebanyak 322 orang, sedangkan jumlah peserta yang tidak ikut ujian ada satu  orang.

“Jadi peserta inilah yang dinyatakan tidak lulus sekolah dalam tahun ajaran tahun 2016 ini. Meski sudah terdaftar sebagai peserta UN, tetapi tidak mengikuti ujian, sehingga tidak lulus,” ungkap Wakil Kepala SMA negeri 1 Malinau, Diah SPd usai pengumuman kelulusan, Sabtu (7/5).

Mekanisme pengumuman kelulusan di SMA Negeri 1 Malinau, menurut Diah, menggunakan pola tahun sebelumnya, yakni surat pengumuman diambil sendiri oleh para siswa. Kecuali bagi siswa yang tidak dapat hadir, dapat diambilkan oleh wali siswa/orang tua.

Untuk kriteria penentuan kelulusan siswa ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil rapat dewan guru. Kriteria yakni, 70 persen dari nilai rata-rata raport ditambah lagi dari nilai ujian sekolah. Kemudian siswa memiliki nilai atau sikap kepribadian/prilaku minimal baik dan siswa juga harus mengikuti seluruh program pembelajaran.

Untuk tahun ini, nilai tertinggi diraih oleh siswa dari program studi IPA atas nama Felicia Tanu Wijaya dengan jumlah nilai 426,5 dengan nilai rata-rata 71,0  sedangkan untuk program studi IPS diraih Dewa Saputra Pratama. “ Ini hanya nilai UN saja. Nilai UN ini bukan satu-satunya penentu kelulusan, tetapi hanya salah satu penentu saja bahwa siswa itu telah menyelesaikan seluruh program pembelajaran,” tegas Diah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Malinau Esly Parir SE Msi melalui Kabid Pendidikan FX Brata Fujisusila MPd menyebutkan, hingga Sabtu (7/5) sore, masih belum mendapatkan laporan dari semua SMA/SMK dan sederajat terhadap jumlah kelulusan masing-masing sekolah. Sehingga Disdikpora sendiri belum mendapat data riil tentang berapa jumlah siswa yang tidak lulus dan yang lulus ujian nasional tahun 2016 ini.

Dikatakan FX  Brata Fujisusila, pelaksanaan pengumuman ditentukan oleh dewan guru yang ada di sekolah masing-masing. Disdikpora tidak ada kewenangan apapun dalam penentuan kelulusan siswa ini. “Kami nggak bisa memprediksi berapa tingkat kelulusan siswa tahun ajaran 2016 ini, karena yang tidak ujian nasional saja sudah 32 orang yang sudah nyata tidak lulus,” ungkapnya.

(Radar Tarakan/Sumber humas.malinau.go.i/ Senin 9/5).



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.