Selasa, 10 Mei 2016 - 13:16:37 WIB
Perdana, UNBK SMP Berjalan Lancar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 898 kali

MALINAU – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Malinau tahun ini, hanya dilaksanakan di SMP Negeri 1 Malinau Kota. Dimulai sejak senin (9/5) dan berlangsung lancar. Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si sempat meninjau pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Malinau didampingi Asisten 2 Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setkab Malinau Drs. Kristian radang, M.Si dan Kepala Dinas Pemuda dan olah Raga (Disdikpora) Malinau Esly Parir, SE., M.Si.

Kepala SMPN 1 Malinau Thomas Welingson M.Pd kepada media ini terkait dengan pelaksanaan UNBK yang baru pertama kali digelar mengatakan patut menjadi kebanggaan karena SMPN 1 Malinau merupakan satu-satunya sekolah yang menyelenggarakan ujian berbasis UNBK tingkat SMP tahun ini. dari 183 siswa, dalam pelaksanaannya terbagi dalam 3 sesi yaitu pagi mulai pukul 07.30 hingga 09.30, sesi kedua mulai pukul 10.30 hingga 12.30, sedangkan untuk pelaksanaan ujian sesi ketiga yakni mulai pukul 14.00 hingga 16.00 sore.

Ada 4 mata pelajaran yang diujikan secara nasional yang setiap harinya hanya satu bidang studi yang diberikan kepada para siswa. “Sehingga, secara total untuk pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Malinau Kota akan berlangsung selama 4 hari mulai Senin ssampai Kamis (9 sampai 12 Mei 2016) nanti,” ungkap Thomas Welingson).

Thomas menyebutkan, dalam pelaksanaan UNBK ini, SMPN 1 Malinau Kota menggunakan dua ruang yang setiap ruangnya berisi 30 hingga 31 siswa. Karena jumlah peserta UN tingkat SMP di SMPN 1 Malinau Kota ini mencapai 185 siswa, maka keterbatasan komputer itu dapat diatasi dengan membagi para siswa ini menjadi 3 kelompok untuk ikut ujian dalam 3 sesi.

“Artinya, ada satu per tiga fasilitas komputer yang kami siapkan untuk mendukung pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer ini atau setiap harinya 61 unit komputer ditambah 10 persen lagi sebagai alat cadangan jika terjadi kerusakan dari 61 unit itu,” jelas Ketua PGRI Kabupaten Malinau ini.

Disinggung soal mata pelajaran yang diujikan, Thomas menambahkan bahwa hari pertama adalah bidang studi Bahasa Indonesia, hari kedua bidang studi Matematika, hari ketiga bidang studi Bahasa Inggris dan hari terakhir bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Namun demikian, pihak sekolah yakin peserta didiknya sudah mampu mengerjakan semua soal yang diujikan karena sudah dilakukan ujicoba dalam mengerjakan soal dan terkoneksi langsung dengan pusat.

“Mungkin para siswa tinggal pintar-pintar membagi waktu yang tersedia dalam mengerjakan selama 2 jam itu, karena jika sudah habis waktunya maka komputer tidak bisa diakses lagi,” ungkapnya. Disdikpora juga menyediakan satu unit genset sebagai upaya antisipasi terhadap adanya gangguan jaringan listrik PLN alias pemadaman secara tiba-tiba. Bahkan tenaga teknis dari PLN juga 3 orang siap berjaga di SMP tersebut.

(ida/Radar Tarakan/Sumber humas.malinau.go.id)

 



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.