Senin, 16 Mei 2016 - 08:10:46 WIB
Arahkan Anak Gemar Membaca
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 588 kali

MALINAU - Meningkatkan minat baca pelajar, Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Malinau mulai kembali merutinkan kegiatan perpustakaan keliling. Jadwal kunjungan dilaksanakan selama 2 kali dalam seminggu dengan menggunakan 3 unit mobil operasional.

Dijelaskan Kasi Perpustakaan keliling Jahri Padly, sebelumnya kegiatan ini memang sempat vakum karena beberapa hal. "Maka sejak awal April kami mulai kembali ke sekolah-sekolah,"ujarnya, Diungkapkan, sebelum merambah sejumlah sekolah dasar yang tersebar di beberapa kecamatan, kantor Perusda terlebih dahulu menjalin koordinasi dengan pihak sekolah. "Jadi dalam sekali kunjungan, sekolah memberi waktu baca untuk anak-anak didik selama tiga jam," ujar Padly.

Kegiatan baca buku dilaksanakan di alam terbuka, seperti teras kelas, taman, dan halaman sekolah. Lanjutnya, program perustakaan keliling ini merupakan program pembinaan dalam rangka meningkatkan minat baca anak. Maka buku-buku yang disediakan juga disesuaikan dengan usia dan kebutuhan belajar anak. Ditambahkan dia, sementara ini Perpusda masih menyasar pelajar SD. Ke depan, jika koleksi buku yang dibutuhkan sudah tersedia lengkap, rencananya Perpusda juga akan menyasar bocah TK. “Sementara kami masih fokus pelajar SD. Sekaligus memberi pembinaan ke perpustakaan sekolah," ujarnya.

Ditambahkan, dengan penataan perpustakaan sekolah yang baik anak-anak juga akan tertarik untuk membaca. Demikian juga  yang terjadi pada perpustakaan keliling.  Para pelajar SD dinilainya sangat antusias membaca.

"Keingintahuan anak-anak ini sangat besar, tinggal ka,i arahkan aja supaya gemar membaca. Sekaligus mengimbangi arus globalisasi. Jangan sampai anak dibiarkan terlena aktivitas  yang tidak bermanfaat," tukasnya. (*/umy/fly)

(MARKUMI/RADAR TARAKAN)

sumber :Kaltara.prokal.co



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.