Senin, 16 Mei 2016 - 14:11:36 WIB
Bahas Turunan Perda Menjadi Perbup
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Malinau - Dibaca: 335 kali

MALINAU-Maraknya pembangunan gedung di wilayah Kaltara termasuk Malinau, membuat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI mendorong daerah-daerah segera membuat melakukan pengaturan.

Dijelaskan Hamdan Pare selaku penyelanggara informasi pengembangan pemukiman dan pembangunan, Kementerian PUPR Provinsi Kaltara,  sementara ini masih Malinau satu-satunya Kabupaten di Kaltara yang sudah sah memiliki Perda Bangunan Gedung.

Yaitu Perda nomor 12 tahun 2015. Turunan dari Perda tersebut kini segera dibahas untuk menjadi Peraturan Bupati (Perbup). Saat ini masih dalam proses. "Kalau Perda bangunan gedung milik dua kabupaten lain di Kaltara masih revisi. Jadi hanya Malinau yang sudah sah. Makanya kami terus mendorong  untuk segera lahir Perbup-nya," beber Hamdan usai menggelar pertemuan untuk memberi masukan-masukan soal turunan Perda tersebut di Dinas Tata Kota (DTK) Malinau, Kamis (12/5) lalu.

Pertemuan tersebut dihadiri instansi terkait. Seperti Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD), Kecamatan, Dinas PU dan DTK.  Dikatakan Hamdan, dengan adanya aturan perihal bangunan gedung, nantinya banyak hal yang perlu diperhatikan oleh calon pembangun. Tentang luas ukuran yang dimaksud sebagai gedung, telah jelas dalam isi Perda tersebut.

Sementara itu, Kadis Tata Kota Drs H Edy Marwan, MSi,  belum mau berkomentar banyak soal aturan berupa Perbup tentang bangunan gedung ini. "Nantilah. Pokoknya dengan adanya itu dampaknya jelas, seandainya bangunan tidak sesuai perbup, maka kita punya kapasitas nyetop," ujarnya. (*/umy/fly)

(DOK/ RADAR TARAKAN)

sumber : kaltara.prokal.co



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.