Jumat, 20 Mei 2016 - 10:40:38 WIB
Bupati: Rakyat di Desa Ingin Sejahtera
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Malinau - Dibaca: 463 kali

MALINAU - Motto Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal yakni Desa membangun Indonesia. Hal ini tidak lain adalah konsentrasi daripada salah satu prinsip nawacita Presiden Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dari pinggiran.

“Jika menarik garis atau benang merahnya Kabupaten Malinau, maka di tahun 2011 dan 2012 lalu yaitu membangun Malinau dari Desa. Artinya, kita sadar sepenuhnya bahwa desanya tempat dimana rakyat kita ingin disejahterakan. Begitu juga dengan Negara,” terang Bupati Dr Yansen TP saat membuka kegaitan pembekalan bagi tenag Satuan Tugas Gerakan Desa membangun (Satgas Gerdema) tahun 2016 ini yang dipusatkan di ruang laga Feratu, Lantai 3 Kantor Bupati Malinau, Jalan Pusat Pemerintahan, Tanjung Belimbing Kamis, 18 Mei 2016 kemarin.

Bupati Yansen menegaskan, Kabupaten Malinau lebih berinisiatif cepat melihat esensi persoalan pembangunan yang ada di desa. Jika desa ditangani dengan baik, kaka persoalan besar pembangunan ini akan tuntas. “Namun demikian, kita harus bersyukur bahwa kita lebih cepat, lebih siap dalam melaksanakan prinsip-prinsip dasar pembangunan yang sedang berjalan saat ini di Negara kita,” tegas Yansen TP.

Oleh sebab itu, menurut Yansen TP, tidak juga dianggap sebagai persoalan yang sederhana dan juga tidak rendah serta tidak ringan terhadap semua tanggung jawab yang diberikan kepada semua pihak, terkhusus bagi satgas Gerdema ini. Sebab, daerah punya komitmen untuk membangun daerah ini dari desa dengan mengangkat orang yang menjalankan tugas langsung di tengah masyarakat desa untuk mewujudkan pembangunan desa ditempat tugasnya. “Jadi tidak ringan. Tugas Negara, tugas di daerah, tugas untuk membangun desa agar masyarakat bisa berubah maju maka satgas adalah salah satu alat   dari pemerintahan,” ungkapnya.

Sebagai Bupati Malinau, Yansen TP juga punya sikap memilih seorang satgas yang dinilai ideal dan tepat untuk menjalankan tugas sebagai Satgas Gerdema ini. Memang, diakui Yansen TP tidak sesempurna pandangan Tuhan yang diberikan kepada seseorang. Tapi paling tidak, manusia dengan seperangkat pengetahuan dan keterampilannya itu hanya menilai berdasarkan sikap, ilmu, pandangan dan lainnya yang bisa dijadikan dasar keputusan untuk mengangkat Satgas Gerdema ini. “Tetapi paling tidak, harapan dan keyakinan besar ini sudah ada pada diri setiap diri Satgas. Berhasil dan taidaknya Gerdema itu, tergantung pada semua Satgas ini,”  tegas Yansen TP.

Oleh sebab itu, BUpati Yansen TP beharap agar  semua Satgas Gerdema maupun jajaran pegawai an pejabat di lingkungan Pemkab Malinau ini agar dapat melihat bahwa apa yang dikerjakan ini merupakan bagian dari system pembangunan nasional Negara ini.  Yaitu membangun daerah dari desa dan membangun daerah untuk Indonesia. ”Karena semua permasalahan itu sebenarnya ada di desa sebagai tempat berkumpulnya rakyat,” tukasnya.(ida)

  Rabu (18/5). Radar Tarakan

sumber :kaltara.prokal.co



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.