Senin, 23 Mei 2016 - 09:05:15 WIB
Wujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Malinau - Dibaca: 257 kali

MALINAU - Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-108 dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Malinau, Kamis (20/5). Upacara ini dipimpin langsung oleh Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si sebagai pembina upacara dan dihadiri oleh FKPD, SKPD, ASN dan para peserta upacara.

Perjuangan Boedi Oetomo yang dipimpin oleh Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dokter Soetomo, yang kemudian dilanjutkan oleh kaum muda pada tahun 1928 melahirkan Soempah Pemoeda. Dan melalui perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya kita dapat memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

“Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah harga mati yang tidak dapat ditawar dalam kondisi dan keadaan apapun,” ucap Bupati Yansen yang membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Rudyantara.

Seluruh komponen bangsa wajib menjaga negara Indonesia dari gangguan apapun baik dari dalam maupun dari luar dengan cara menerapkan prinsip dan nilai-nilai nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari. Komitmen terhadap NKRI ini penting saya tegaskan kembali pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-108 ini mengingat setelah sekian lama berdiri sebagai bangsa, ancaman dan tantangan akan keutuhan NKRI tidak selangkah pun surut. Bahkan melalui kemajuan teknologi digital, ancaman radikalisme dan terorisme, misalnya, mendapatkan medium baru untuk penyebaran paham dan praktiknya.

Munculnya kekerasan dan pornografi, misalnya, terutama yang terjadi pada generasi yang masih sangat belia, adalah satu dari beberapa permasalahan kultural utama bangsa ini yang akhir-akhir ini mengemuka dan memprihatinkan. Lagi-lagi, medium baru teknologi digital berperan penting dalam penyebaran informasi, baik posisif maupun negatif, secara cepat dan massif.

Tantangan-tantangan baru yang muncul di depan kita tersebut memiliki dua dimensi terpenting, yaitu kecepatan dan cakupan. Tentu kita tidak ingin kedodoran dalam menjaga NKRI akibat terlambat mengantisipasi kecepatan dan meluasnya anasir-anasir ancaman karena tak tahu bagaimana mengambil bersikap dalam konteks dunia yang sedang berubah ini.

Oleh sebab itu saya memandang penting tema “Mengukir Makna Kebangkitan Nasional dengan Mewujudkan Indonesia yang Bekerja Nyata, Mandiri dan Berkarakter“ yang diangkat untuk peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2016 ini. Dengan tema ini kita ingin menunjukkan bahwa tantangan apapun yang kita hadapi saat ini harus kita jawab dengan memfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter.

Untuk saudara-saudaraku yang diberi amanat Allah untuk mengemudikan jalannya bahtera pemerintahan, saya mengajak untuk menyelenggarakan proses-proses secara lebih efisien. Mari pangkas segala proses yang pelayanan yang berbelit-belit dan berkepanjangan tanpa alasan yang jelas. Mari bangun proses-proses yang lebih transparan. Mari berikan layanan tepat waktu sesuai jangka waktu yang telah dijanjikan.

Bupati Yansen secara khusus menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Malinau bahwa Malinau adalah kabupaten yang berada di perbatasan bangsa, yang bersinggungan langsung dengan negara tetangga. Itu artinya kita berkewajiban menjaga kedaulatan bangsa kita melalui perilaku-perilaku kita sebagai masyarakat bangsa sehingga kehormatan dan kedaulatan bangsa dan negara di kawasan perbatasan dapat terjaga dengan baik.

Memasuki era perdagangan bebas (MEA), kita harus bersemangat dan bangga menggunakan produk dalam negeri dan produk lokal dan rajin mempromosikan produk-produk lokal ke luar kita mampu bersaing.

Selanjutnya, Kita juga harus menjaga keutuhan bangsa dan negara di Kabupaten Malinau dengan mengedepankan prinsip-prinsip kebersamaan, persatuan dan kesatuan dalam memandang masa depan Kabupaten Malinau. Jauhkan sikap yang mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan agar perbedaan-perbedaan yang ada dapat kita persatukan.

Perbedaan adalah kekayaan, kekuatan dan kesempurnaan untuk kita. Mari kita bersemangat untuk mewujudkan kesatuan bangsa di Bumi Intimung yang kita cintai ini.

Mari kita menjaga nilai-nilai luhur bangsa dengan menjaga generasi muda sebagai penerus harapan bangsa. Jauhkan ancaman, tantangan, gangguan dan halangan demi bertumbuhnya semangat kebangsaan bagi bangsa kita.

“Bangkitkan dan kobarkan terus semangat kita untuk kejayaan bangsa dan negara khususnya di Kabupaten Malinau ini,” ujarnya.

sumber :humas.malinau.go.id

 



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.