Rabu, 16 Oktober 2013 - 08:18:40 WIB
Pemerintah Sumbang 25 Ekor Hewan Qurban
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Malinau - Dibaca: 6423 kali

MALINAU – Perayaan Iduladha tahun ini, pemkab telah menyiapkan bantuan sebanyak 25 ekor sapi yang diserahkan kepada pengurus seluruh masjid oleh Bupati Dr Yansen TP Msi. Bantuan tersebut diserahkan pada Jumat (11/10) lalu.

Selain menyerahkan sapi qurban dari pemerintah, bahkan keluarga pribadi bupati juga menyumbangkan 6 ekor sapi. “Pemerintah daerah melalui PHBI Malinau menyerahkan hewan qurban berupa sapi sebanyak 25 ekor. Dari Pak Bupati pribadi dan keluarga ada 6 ekor sapi. Sehingga sapi yang ada ini jumlah mencapai 31 ekor,” terang Ketua PHBI Kabupaten Malinau H Yusransyah SE MAP.

Sementara itu, Bupati Yansen mengungkapkan, pemerintah Malinau di tahun 2013 menyumbangkan 25 ekor sapi yang diserahkan kepada pengurus masjid. “Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya, yang berjumlah 22 ekor,” ucap bupati.

Menurut bupati, agar semua pihak tidak melihat besar kecilnya bantuan yang diserahkan. Namun semangat partisipasi dan keadilan yang terus ditanamkan dalam kehidupan masyarakat Bumi Intimung ini yang perlu ditekankan.

Agenda semacam ini mendapat perhatian yang serius dari pemerintah daerah, karena bernilai strategis untuk membangun ukhuwah yang lebih luas dalam kerangka pelangi sebagaimana menjadi filosofi kehidupan masyarakat Bumi Intimung.

“Ukhuwah atau kebersamaan yang terus kita gelorakan, merupakan pondasi bangunan yang kokoh bagi terselenggaranya program gerakan desa membangun yang saat ini tengah kita jalankan,” ungkapnya.

Iduladha secara harfiah berarti kembali kepada semangat berkurban. Secara luas Iduladha tidak sekedar bermakna semangat berkurban semata. “Yaitu hubungan manusia dengan Tuhan secara vertikal dan hubungan manusia dengan manusia secara horizontal,” bebernya.

Hubungan manusia secara vertikal bersifat pribadi. Sedangkan hubungan antara manusia mempunyai cakupan yang lebih luas, yang menyangkut peran pemerintah daerah dalam implementasinya. Pemkab Malinau memiliki komitmen yang jelas dan tegas khususnya dalam memberikan ruang kepada masyarakat untuk berinteraksi, bersinergi dan bersama-sama membangun Bumi Intimung. Melalui model gerakan desa membangun tanpa ada sekat yang membatasi baik suku, agama, ras maupun golongan.

Dikaitkan dengan semangat berqurban sebagai implementasi Iduladha, imbuh Yansen TP, sesungguhnya Gerdema memiliki makna yang sepadan. Dalam 13 nilai keberhasilan model Gerdema, terdapat  unsur yang secara luas berkorelasi dengan semangat berqurban. Yakni semangat partisipasi dan keadilan.

Kedua unsur tersebut sama-sama mensyaratkan adanya semangat berkurban dari seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah daerah, masyarakat maupun swasta agar implementasinya dapat berjalan dengan baik. Ke depan pemkab akan terus melaksanakan kebijakan-kebijakan yang serupa dalam rangka mewujudkan kebersamaan dalam kebhinekaan. (ida/ipk - Radar Tarakan)



Copyright © 2013 by PDE Malinau All rights reserved.